1. Untuk Pendidikan
Seperti yang kita ketahui sebagai salah satu sumber belajar tercanggih,
internet tengah dimanfaatkan oleh banyak orang. Menurut Roy Suryo, pakar
telematika berdasarkan statistik Indonesia terdapat 11, 5 juta jiwa
orang yang melakukan akses internetatau 5,2 %dari total pengguna
internet di seluruh Indonesia, berkembang dengan sangat pesat dan sudah
menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Penyebabnya dikarenakan oleh
jaringan internet yang telah mengglobal ini memungkinkan seseorang
mengakses sumber informasi di seluruh dunia dengan mudah, termasuk
informasi dalam bidang pendidikan. Adapun manfaat internet bagi
pendidikan adalah dapat menjadi akses kepada sumber informasi yaitu
sebagai perpustakaan on-line, sumber literatur, akses hasil-hasil
penelitian, dan akses kepada materi-materi belajar , akses kepada
narasumber bisa dilakukan tanpa harus bertemu secara fisik, dan sebagai
media kerjasamainternet bisa menjadi media untuk melakukan penelitian
bersama atau membuat semacam makalah bersama.
Kita, para pelajar merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan
dengan kemunculan internet, karena berbagai refrensi, jurnal, maupun
hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam
jumlah yang berlimpah. Pelajar tak lagi harus kesulitan mencari
buku-buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas
sekolah . Cukup memanfaatkan search engine, materi-materi yang
dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Selain menghemat tenaga dan
biaya dalam mencarinya, materi-materi yang ditemui di internet cenderung
lebih up to date.
Dengan memperhatikan segala kelebihan dalam memanfaatkan internet
sebagai sumber belajar bagi kita tentunya internet diharapkan memiliki
dampak yang positif bila dibandingkan dengan pemanfaatan sumber-sumber
belajar konvensional lainnya, dalam kaitannya dengan prestasi belajar
siswa yang menggunakannya, apalagi bila mempertimbangka fakta dalam
penelitian dari Wilfrid Laurier University (1998), Canada yang
menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan World Wide Web (www) dalam
pembelajarannya terbukti dua kali lebih cepat waktu belajarnya dibanding
mahasiswa klasikal, 80% mahasiswa tersebut berprestasi baik dan amat
baik, serta 66% dari mereka tidak menggunakan bahan cetak (hard copy).
Sehingga dengan mempertimbangkan fakta diatas, kita mungkin bisa
mencontohnya, dengan memanfaatkan fasilitas internet yang telah
difasilitasi oleh sekolah, dan semoga pidato saya dapat membuka mata
kita untuk lebih memberdayakan internet lebih luas, tak hanya sebatas
sebagai media hiburan, seperti friendster dan chatting, yang seperti
selama ini kita lakukan.
2. Untuk Bisnis
Manfaat internet sangat tergantung pada produk dan
jasa yang akan ditawarkan. Produk yang satu memanfaatkan Internet secara
berbeda dengan produk yang lainnya. Tipe atau jenis usaha pun akan
turut mempengaruhi cara orang memanfaatkan Internet sebagai sarana
bisnisnya, apakah dia seseorang pemasok, distributor atau seorang
pengecer.
Berikut ini adalah contoh pemanfaatan dan manfaat Internet sebagai media bisnis:
*) Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien
tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Perjuangan untuk memperoleh
pelanggan harus melalui berbagai usaha termasuk menganalisa pasar secara
hati-hati, pemasaran produk dan mempunyai uji coba basis pelanggan.
Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk
dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh
dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah
dengan adanya kelompok yang besar di Iternet tersebut.
*) Analisa produk dan pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik utuk melakukan riset pemasaran
karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan
pelangganya. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan
ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan pelanggan. Setelah produk itu diluncurkan maka perusahaan pun
dapat memperoleh umpan balik sebesar tingkat kepuasan konsumen terhadap
produk baru tersebut. Selain itu perusahaan juga dapat mempelajari
produk pesaing dengan menelusurinya di Internet. Pemakai Internet dapat
memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan analisa produk dan
persaingannya. Hal ini sangat mempengaruhi munculnya lowongan untuk cari
ide-ide baru!
*) Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
Tidak sedikit pakar yang ada di Internet yang mempublikasikan
karya-karya mereka untuk diketahui mereka untuk diketahui secara umum
dan mudah diakses. Sangat sering pula kita memperoleh nasehat dan
bantuan secara gratis dari para pakar tersebut tentang masalah yang kita
hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari
konsultan, maka kita harus membayar dengan harga sangat mahal.
*) Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui Internet semakin digemari
oleh perusahaan-perusahaan. Di Internet terdapat banyak sekali daftar
lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan
dirinya melalui Internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan
tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di Internet.
Riwayat hidup tidak hanya dapat ditampilkan menggunakan web tetapi
fasilitasnya juga ada di Internet seperti newsgroup atau usenet.
*) Akses informasi dan penyebaran informasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi
media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh
lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita
semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke
penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan
langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan
menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing. Akses dan
penyebaran informasi melalui Internet dapat terjadi secara murah dan
dapat langsung diakses melalui jarak yang jauh.
*) Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu
mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah
satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk
mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga
mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga
digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang
singkat. Seringkali ditemukan keterlambatan atau gagal sampai ke tujuan
dalam pengantaran dokumen melalui jasa pengantar seperti pos atau
perusahaan jasa lainnya.
*) Peluang bisnis baru
Banyak yang secara terus menerus memanfaatkan Internet untuk mencari
ide-ide inovatif dan baru. Pemakai Internet sering memperoleh ide baru
tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya di Internet tetapi
juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet
sering pula
dijadikan forum komunikasi di antara para peminat di bidang masing-masing.
Dari forum-forum komunikasi tersebut sering pula menimbulkan ide
produk yang baru dan inovatif. Banyak fasilitas aplikasi yang tersedia
di Internet di antaranya FTP, gopher, usenet, telnet, WWW. Dari berbagai
fasilitas ada, WWW merupakan aplikasi yang paling banyak dipakai para
pemakai individual maupun profesiona atau bisnis.
Beberapa alasan mengapa para profesional memanfaatkan WWW sebagai media bisnis:
*) Web dapat memantapkan kehadirannya di dunia bisnis.
*) Web memberikan kesempatan bagi perusahaan memasuki jaringan yang lebih global.
*) Web menyediakan informasi bisnis untuk pelanggan dan masyarakat secara luas
*) Web dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan secara lebih baik
dengan adanya berbagai fasilitas yang menarik dan interaktif.
*) Web dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk maupun perusahaan.
*) Web menjadi sarana pemberitaan informasi yang sensitif terhadap waktu
*) Web juga dapat dijadikan sarana menjual produk atau tempat transaksi
*) Web dapat menyajikan informasi secara interaktif dengan memanfaatkan
multimedia
*) Web mampu mencapai pasar ditinjau secara demografi sesuai dengan yang diinginkan
*) Web menjadi saran untuk tanya jawab antara pelanggan dengan perusahaan atau sering disebut frequently asked question (FAQ)
*) Web dapat memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk melakukan
kontak atau berkomunikasi dengan pramuniaganya secara langsung
*) Web membuka kemungkinan bagi perusahaan memasuki pasar internasional
*) Web dapat mensiptakan pelayanan 24 jam
*) Web memungkinkan melakukan perubahan informasi yang tersedia dengan cepat
*) Web akan memberikan kesempatan pelanggan untuk memberikan umpan balik kepada perusahaan
*) Web dapat dijadikan ajang uji coba terhadap produk dan jasa yang ditawar kan
*) Web dapat dijadikan saran media informasi, publikasi perusahaan dan
promosi. Web dapat mencapai pasar yang terspesilisasi
*) Web juga dapat digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pasar lokal
Dengan melihat manfaat yang dapat diperoleh seperti yang telah disebutkan
di atas, perusahaan dapat melakukan kegiatan-kegiatan untuk memantapkan
bisnisnya dengan cara:
- Katalog online secara elektronis
- Komunikasi satu-satu dengan pelanggan
- Mendukung penjualan
- Dukungan purna jual produk atau jasa
- Mempertajam kehadiran perusahaan
- Iklan produk dan jasa
- Penelusuran order pelanggan
- Pendukung penelitian konsumen
- Rekruitmen tenaga kerja
- Transaksi secara elektronis
- Publikasi secara online
- Penyaluran barang atau distribusi
- Meningkatkan dana investasi
- Sumber bisnis dan jaringan pribadi
- Komunikasi bisnis dengan cara menyediakan tenaga pramuniaga secara
online, komunikasi antar kantor, komunikasi jarak jauh dengan suara,
konferensi melalui video. Electronic data interchange (EDI)
sumber:
www.pengenalanteknologi.com
www.kaskus.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar