Rabu, 13 Februari 2013

Kisi – Kisi Soal UN SMK Tahun 2013

Kisi – Kisi Soal UN SMK Tahun 2013



1.    Bidang Studi Matematika

Bidang Studi Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk tahun 2013. Jumlah soal yang disajikan sekitar 40 soal yang terdiri dari soal pilihan berganda dengan 5 (lima) option ; A, B, C, D, dan E. Berikut ini kami sampaikan materi soal UN SMK 2013 mengacu pada Kisi-kisi Soal UN SMK tahun 2013 yang diberikan BSNP Indonesia.

Materi yang harus dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :


1.     Kompetensi
Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Indikator
    1. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
    2. Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
    2. Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Indikator
a.       Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
3.     Kompetensi
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, program linear, dan sistem pertidaksamaan linear.
Indikator
a.       Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
b.      Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
c.       Menentukan model matematika dari masalah program linear.
d.      Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
e.       Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
4.     Kompetensi
Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah.
Indikator
a.       Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
b.      Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
5.     Kompetensi
Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
Indikator
a.       Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
b.      Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
c.       Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
6.     Kompetensi
Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
Indikator
a.       Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
b.      Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
c.       Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
d.      Menghitung volume bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
7.     Kompetensi
Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
Indikator
a.       Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
b.      Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
8.     Kompetensi
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.
Indikator
a.       Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
b.      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
c.       Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
9.     Kompetensi
Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah.
Indikator
a.       Menentukan permutasi atau kombinasi.
b.      Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
10. Kompetensi
Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.
Indikator
a.       Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
b.      Menghitung ukuran pemusatan data.
c.       Menghitung ukuran penyebaran data.
11. Kompetensi
Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
Indikator
a.       Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
b.      Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
c.       Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
12. Kompetensi
Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah.
Indikator
a.       Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
b.      Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
c.       Menentukan volume benda putar.
13. Kompetensi
Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah.
Indikator
a.       Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.
Dengan berdasarkan kisi-kisi materi / SKL UN SMK bidang Matematika tersebut seyogyanya para guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) senantiasa berpedoman pada materi tersebut dalam memberikan pengajarannya supaya lebih terfokus sehingga para siswa dapat mencapai keberhasilan dalam ujian nasional di tingkat SMK.



2.    Bidang Studi Bahasa Inggris
Bidang Studi Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk tahun 2013. Jumlah soal yang disajikan sekitar 50 soal yang terdiri dari soal pilihan berganda dengan 5 (lima) option ; A, B, C, D, dan E. Berikut ini kami sampaikan materi soal UN SMK 2013 mengacu pada Kisi-kisi Soal UN SMK tahun 2013 yang diberikan BSNP Indonesia.

Materi yang harus dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :

1.     Kompetensi

Listening (Mendengarkan). Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal, transaksional, monolog sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
1. Pictures

Indikator

a.       Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di
b.      luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
c.       Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.
2.Questions/Statements-Responses

Indikator

a.       Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/pendapat.
b.      Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan/penawaran.
c.       Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat.
3. Short Conversation

Indikator

a.       Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung.
b.      Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang.
c.       Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian.
d.      Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa lampau/pendapat terhadap sesuatu hal (benda/tempat/masalah).
4. Short Talk (Monolog)

Indikator

a.       Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu.
b.      Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk.

2.     Kompetensi

Reading (Membaca). Memahami dan merespon makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, esai/monolog pendek dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
5. Error Recognition

Indikator

a.       Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/peraturan atau penolakan.
b.      Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat wh-questions.
c.       Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang.
d.      Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/pilihan tindakan.
e.      Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang terhadap sesuatu/pendapat seseorang.
6. Reading Comprehension

Indikator

a.       Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
b.      Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi perusahaan/profil perusahaan.
c.       Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions.
d.      Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan.

3.     Kompetensi

Writing (Menulis). Mengungkapkan dan merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana bentuk recount/news item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
7. Incomplete Dialog

Indikator

a.       Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian pendapat.
b.      Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah.
c.       Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
d.      Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund.
e.      Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa.
f.        Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
g.       Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan waktu lampau).
h.      Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang/question tag.
i.         Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.
j.        Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present perfect tense.
8. Cloze Test

Indikator

a.       Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja/memo.
b.      Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah pengumuman/pemberitahuan.
c.       Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur singkat.
Dengan berdasarkan kisi-kisi materi / SKL UN SMK bidang Bahasa Inggris tersebut seyogyanya para guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) senantiasa berpedoman pada materi tersebut dalam memberikan pengajarannya supaya lebih terfokus sehingga para siswa dapat mencapai keberhasilan dalam ujian nasional di tingkat SMK.



3.    Bidang Studi Bahasa Indonesia
Bidang Studi Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk tahun 2013. Jumlah soal yang disajikan sekitar 50 soal yang terdiri dari soal pilihan berganda dengan 5 (lima) option ; A, B, C, D, dan E. Berikut ini kami sampaikan materi soal UN Bahasa Indonesia untuk SMK 2013 mengacu pada Kisi-kisi Soal UN SMK tahun 2013 yang diberikan BSNP Indonesia.

Materi yang harus dikuasai siswa / siswi berdasarkan kisi-kisi diantaranya :

1.     Kompetensi

Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.

Indikator

a.       Menentukan gagasan pokok, simpulan, makna istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
b.      Menentukan jenis laporan.
c.       Menentukan isi petunjuk kerja.
d.      Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
e.      Menentukan isi grafik/matriks.
f.        Menentukan tanggapan logis dan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf.
g.       Menentukan kata baku/tidak baku, kata bersinonim/berantonim, kata bermakna konotasi, kata bermakna proses/hasil, dan perubahan makna kata.
h.      Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
i.         Menentukan kalimat yang berbentuk opini/fakta dalam paragraf.
j.        Menentukan makna ungkapan/peribahasa.
k.       Menentukan tema dan majas dalam puisi.
l.         Menentukan amanat cerpen/novel.
m.    Menentukan latar dan tahapan alur novel/roman.
n.      Menentukan unsur ekstrinsik novel.
o.      Menentukan isi naskah drama, dan perwatakan tokoh.

2.     Kompetensi

Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.

Indikator

a.       Menentukan penulisan kata, pilihan kata, dan ungkapan.
b.      Menentukan pikiran penjelas, kalimat efektif, kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan, dan susunan topik karangan.
c.       Menentukan tujuan, jenis kegiatan, dan sistematika penulisan proposal.
d.      Menentukan penulisan bagian-bagian surat, kalimat pembuka, kalimat penutup, kalimat surat balasan yang santun.
e.      Menentukan kalimat memo.
f.        Menentukan isi surat berita keluarga.
g.       Melengkapi paragraf sesuai dengan jenisnya.
h.      Melengkapi bagian-bagian surat kuasa.
i.         Menentukan isi surat perjanjian jual beli.
j.        Menentukan kalimat pengumuman.
k.       Menyusun catatan kaki.
l.         Menentukan isi catatan hasil rapat.
m.    Menentukan isi kata pengantar laporan, dan simpulan laporan.
n.      Menentukan kalimat poster.
Dengan berdasarkan kisi-kisi materi / SKL UN SMK bidang Bahasa Indonesia tersebut seyogyanya para guru di sekolah menengah kejuruan (SMK) senantiasa berpedoman pada materi tersebut dalam memberikan pengajarannya supaya lebih terfokus sehingga para siswa dapat mencapai keberhasilan dalam ujian nasional di tingkat SMK.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar